Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

B. Hubungan antara Qada' dan Qadar

B. Hubungan antara Qada' dan Qadar 

Menurut bahasa, kata qada' berarti ketentuan Allah, sedangkan menurut istilah, qada' adalah keputusan terhadap suatu ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah untuk makhluk-Nya atau ketentuan yang ditetapkan sejak zaman azali. Hidup dan matinya seseorang sudah ditentukan oleh Allah. Tak ada seorangpun yang tahu kapan dan dimana dirinya akan mati.
Firman Allah swt :





Artinya :
‘’ Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh…….” (Q.S. an-Nisa:78)

Qadar menurut bahasa artinya yang tetap, sedangkan menurut istilah, qadar adalah ketentuan Allah yang terjadi sejak zaman azali, baik ketentuan itu sudah terjadi maupun yang akan terjadi terhadap semua makhluk hidup.
Hubungan antara qada' dan qadar merupakan hubungan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dalam kehidupan sehari-hari, hubungan antara qada' dan qadar itulah yang disebut takdir.Takdir dibagi menjadi dua macam :
1.    Takdir mubram (pasti)
2.   Takdir mu'allaq (tergantung)
Qada' dan qadar merupakan takdir Allah yang telah digariskan kepada manusia. Namun, ada juga takdir yang memberi kesempatan kepada manusia untuk berikhtiar atau beusaha mengubahnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih infonya sangat bermanfaat

Anonim mengatakan...

Thkns for your informasionšŸ˜‡

Unknown mengatakan...

Thanks

Unknown mengatakan...

Thanks

Posting Komentar